Akar Kamunda dan Manfaatnya bagi orangutan Tuanan (Pongo pygmaeus wurmbii)

Assalamualaikum Wr Wb.. kali ini aku akan membahas tentang akar kamunda dan orangutan. Apa itu akar kamunda atau yang bernama latin Leucomphalos callicarpus, nah kalau kita membahas tentang akar kamunda kita juga perlu mengulas sedikit tentang orangutan, apa kaitannya akar kamunda dengan orangutan? yuk kita baca :)
          
Untuk kalian ketahui orangutan merupakan spesies yang paling sering di teliti dan banyak fakta menarik dari orang utan salah satunya yang paling kotroversial adalah teori evolusi charles darwin. Orangutan adalah hewan yang paling lama riwayat hidupnya diantara hewan yang lain. Telah dikemukakan bahwa hewan berotak lebih besar menunjukkan periode perkembangan yang lebih panjang karena mereka membutuhkan waktu untuk memperoleh keterampilan yang semakin kompleks (van Schaik dkk. 2016). Hal ini diperkuat oleh pernyataan Prof. Carel P. van Schaik dalam International symposium anniversary 15 tahun penelitian orangutan Tuanan di Universitas Nasional, bahwa belum bisa memperkirakan berapa umur terlama dari orangutan dewasa karena tempo hidupnya yang lama menjadikan orangutan memiliki kemapuan bertahan hidup (survival live) yang paling tinggi diantara hewan yang lainnya.


Loh kok bisaa yaa orangutan memiliki kemampuan bertahan hidup yang paling tinggi??? yapss hal ini disebabkan adanya pola Dietary Strategy orangutan yang berbeda dari hewan lainnya, apa itu Dietary Strategy ?? Dietary strategy orang utan dilihat dari beberapa faktor, yang pertama Repertoar Diet (apa yang dimakan) yang kedua yaitu tingkat makan (cara makan). Dari semua spesies primata, orangutan memiliki riwayat hidup paling ekstrem, orangutan memiliki pengeluaran energi total terendah dari semua kera besar (van Schaik dkk. 2016).
            
Penelitian Prof. Carel P. van Schaik dan teman-temanya yang menggunakan dua orang utan dalam 2 populasi yang berbeda yaitu orangutan Tuanan (Pongo pygmaeus wurmbii) di Kalimantan dan orangutan Suaq Balimbing (Pongo abelii) di Sumatera para peneliti mengumpulkan data perilaku pada repertoar diet (apa yang dimakan), tingkat pemberian makan dan kompetensi mulai selama mengikuti fokal, dan memperkirakan pertumbuhan melalui fotogrametri laser non-invasif..
           
Dalam kesimpulan penelitian mereka mengatakan bahwa tidak sama seperti manusia, keterampilan mencari makan orangutan sudah ada sebelum reproduksi. Selain itu ada fakta menarik lohh.. tentang kebiasaan orangutan di Suaq Balimbing dalam mencari makan, Hanya di Suaq Balimbing orangutan menggunakan alat dalam konteks mencari makan. Penggunaan alat dapat dibagi menjadi dua kelas luas penggunaan alat serangga, di mana tongkat digunakan untuk mendapatkan akses ke serangga atau produk mereka di lubang pohon, sarang dan substrat lainnya. Dan penggunaan alat buah, di mana tongkat dimasukkan ke dalam katup buah-buahan Neesia aquatica untuk memfasilitasi ekstraksi biji (van Schaik dkk. 2016).
           
Wahh.. ternyata orangutan mandiri sekali yaa.. patut lah jika orangutan dikategorikan sebagai hewan yang cerdas. Dalam symposium tersebut Prof. Carel juga mengatakan bahwa pada umur 7 tahun orangutan anakan akan mengkopi persis setiap makanan yang sang ibu makan. Dalam sebuah studi komparatif telah menunjukkan bahwa di sebagian besar mamalia, keterampilan mencari makan sudah ada sebelum usia reproduksi pertama. 

Terus manaaa dong manfaatnya akar kamunda bagi orangutan???

Klasifikasi Akar Kamunda (Leocomphalos callicarpus)




Familia            : Fabaceae
Subfamilia        : Faboideae
Tribus              : Sophoreae
Genus               : Leucomphalos
Species             : Leucomphalos callicarpus
           
Nah... disini lah akar kamunda berperan, akar kamunda (Leucomphalos callicarpus) merupakan makanan dominan yang paling disukai oleh orangutan, dalam mendukung kemampuan bertahan hidupnya orangutan memakan akar kamunda karena akar kamunda merupakan tanaman tinggi protein dibandingkan dengan tanaman yang lainnya.
           
Selain akar kamunda, orangutan juga memakan makanan yang lain seperti materi vegetatif hijau lainnya dalam hal ini tanaman merambat dan liana, buah-buahan, serangga, kulit batang dalam, dan empulur itu loh.. (Bagian dalam batang pohon yang lunak) tetapi akar kamunda lah yang menjadi makanan penyumbang protein tertinggi. Namun dalam tanya jawab di International symposium anniversary 15 tahun penelitian orangutan Tuanan, tanaman akar kamunda tidak tumbuh di wilayah taman nasional Suaq Balimbing Sumatera, berbeda dengan wilayah Kalimantan. Akar kamunda tumbuh dengan baik di wilayah Tuanan Kalimantan sehingga akar kamunda menjadi menu makanan paling utama
Terus kalo ndak ada akar kamunda bagaimana cara orangutan memenuhi kebutuhan proteinnya?? nah sebenarnya orang utan memiliki jalan alternatifnya. Yaitu memakan tumbuhan ficus, dalam tanya jawab tersbut Mrs. Erin Vogel menyarankan sebaiknya akar kamunda mulai di tanaman di daerah Suaq Balimbing.

Sampai sini dulu yaa penjelasan orangutan dan akar kamundanya... heheh mudah-mudahan dari membaca menambah ilmu bagi aku dan kalian yaa Terimakasih banyak. Mohon maaf jika ada salah dalam penulisan :)

Komentar

Postingan Populer